Tips Tidur Nyaman Meski Punya Sakit Punggung

Nyeri punggung seringkali merupakan keluhan yang mengganggu. Bahkan, masalah ini juga bisa menurunkan kualitas tidur. Akibatnya, Anda kurang tidur dan memiliki suasana hati yang buruk di hari berikutnya. Jangan khawatir, bahkan jika Anda menderita sakit punggung, Anda masih bisa tidur dengan nyaman. Lihatlah saran-saran berikut.

Nyeri punggung bisa mengganggu tidur
Sebelum meninjau saran untuk tidur dengan nyaman dengan sakit punggung, akan lebih baik jika Anda mengerti mengapa Anda mendapat sakit punggung terlebih dahulu.

Punggung Anda terdiri dari otot, ligamen, tendon, jaringan, disk, dan tulang kompleks yang bertanggung jawab untuk mendukung tubuh dan membantu Anda bergerak.

Tips Tidur Nyaman Meski Punya Sakit Punggung

Nyeri punggung bisa menyerang sepanjang tulang belakang. Dalam kebanyakan kasus, sakit punggung disebabkan oleh ketegangan otot, karena kebiasaan dan postur yang buruk. Namun, itu juga bisa terjadi karena beberapa masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang mungkin disebabkan oleh radang tulang belakang, kelainan tulang belakang, kelainan aorta atau adanya tumor dada.

Nyeri punggung dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Bahkan, ini juga bisa diperburuk oleh kebiasaan tidur yang buruk. Memang, tidur yang cukup mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Agar Anda bisa tidur nyenyak dan bisa menghilangkan sakit punggung, ikuti saran di bawah ini.

1. Pilih kasur yang nyaman
Selama 6-8 jam, habiskan waktu di tempat tidur. Itu sebabnya, kasur yang digunakan sangat berpengaruh pada sakit punggung yang terjadi. Jika kasur saat ini membuat Anda tidak nyaman, Anda harus menggantinya dengan kasur baru.

Memilih kasur yang tepat untuk sakit punggung mungkin tidak mudah. Memiliki kasur dengan permukaan yang terlalu keras saat tidur dapat membuat sakit punggung Anda semakin parah. Namun, kasur yang terlalu lunak juga bisa menenggelamkan tubuh Anda ke dalamnya sehingga persendiannya mendapatkan banyak tekanan dan bahkan kusut.

Jadi apa yang harus dilakukan? Pakar kesehatan merekomendasikan memilih kasur berdasarkan kenyamanan yang Anda rasakan saat menggunakannya. Sebaiknya coba kasur Anda langsung di toko alih-alih membelinya secara online.

2. Pilih posisi istirahat yang tepat
Selain pilihan kasur, Sleep Foundation menyatakan bahwa posisi yang cocok juga membantu Anda tidur dengan nyaman tanpa sakit punggung.

Ada beberapa posisi tidur yang direkomendasikan untuk penderita sakit punggung, termasuk:

Tidur di sisi Anda dengan bantal di kepala Anda dan tempatkan lutut Anda berdampingan.
Tidur miring menekuk lutut hingga menyentuh siku, seperti posisi janin di perut.
Tidur telentang, bantal di belakang kepala dan tangan di perut.
Posisi mana pun yang Anda pilih, pastikan pelurusan tulang belakang dipertahankan. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman dengan suatu posisi, gantilah dengan posisi lain.

Saat Anda ingin bangun atau berbaring, gerakkan tubuh Anda perlahan-lahan. Jangan gerakkan tubuh Anda dengan cepat, tersentak dan tiba-tiba. Bangun dengan gerakan tiba-tiba saat tidur dapat menyebabkan sakit punggung.

Ketika Anda ingin bangun, istirahatlah di tangan Anda. Baru setelah itu Anda menggeser tubuh Anda ke sisi kasur dan menurunkan kaki Anda dari tempat tidur.

3. Lakukan hal-hal yang membantu Anda tidur lebih nyaman
Ada banyak hal yang dapat membantu Anda tidur dengan nyaman tanpa merasa terganggu oleh sakit punggung, seperti mandi air panas. Mandi air hangat dapat meredakan otot tegang, sehingga mengurangi nyeri punggung.

Itu juga bisa secara singkat menekan bagian belakang pasien dengan air hangat. Pasang paket wajah ke bagian belakang rasa sakit selama 10-20 menit sebelum tidur.

Jika kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang tidak pernah hilang, berkonsultasilah dengan dokter. Dokter Anda mungkin meresepkan Anda resep berbeda untuk mengatasi sakit punggung yang terjadi.

Minumlah obat sesuai dengan instruksi dokter Anda sehingga Anda dapat tidur dengan nyaman walaupun Anda menderita sakit punggung.

Baca Juga :