Tips Mengatasi penyakit maag

Pernahkah Anda terbangun di tengah malam karena sakit maag? Nyeri perut pada malam hari dapat mengganggu tidur dan aktivitas di masa depan. Jika maag terjadi setiap hari dan Anda ingin memeriksa kondisi ini, saran berikut dapat membantu.

Tips Mengatasi penyakit maag

1. Pertahankan berat badan yang sehat

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda harus memiliki diet sehat untuk menurunkan berat badan. Berolahraga lebih banyak setiap hari dapat membantu menjaga berat badan. Jika Anda tidak bisa menurunkan berat badan, jangan menambah berat badan karena ini dapat menyebabkan gejala maag.
2. Rawat tidur Anda dengan menyesuaikan posisi tidur

Ingatlah untuk tidur di sisi kiri dan angkat tubuh bagian atas sambil berbaring. Berada di tempat tidur yang rata dan bantal yang rendah dapat menyebabkan mulas yang lebih parah, karena dalam kondisi ini tenggorokan dan perut berada pada tingkat yang sama dan asam lambung mudah mengalir ke kerongkongan.
3. Hindari mengenakan pakaian ketat, terutama di daerah pinggang

Pakaian ketat bisa memberi tekanan pada perut yang mengarah ke gejala mulas. Pakaian yang agak longgar membantu mengurangi tekanan pada perut saat tidur dan aliran darah akan teratur.
4. Ada beberapa makanan yang bisa memicu mulas dan Anda harus menghindarinya

Meskipun makanan ini mungkin memiliki reaksi berbeda untuk semua orang, makanan ini juga bisa menjadi faktor risiko yang memperburuk kondisi Anda. Makanan ini adalah minuman beralkohol, berkafein seperti cola, kopi, dan teh; coklat dan coklat; daun mint; Bawang putih; merah dan bawang merah; susu; makanan berlemak, pedas, berlemak atau digoreng; dan makanan asam seperti produk berbasis jeruk atau tomat.
5. Cobalah untuk menghindari makan di malam hari atau sebagian besar makanan

Dokter selalu menyarankan untuk tidak makan dua atau tiga jam sebelum tidur untuk mengurangi asam lambung dan membiarkan perut kosong sebelum tidur. Selain itu, perut dapat mengalami lebih banyak tekanan karena makanan dalam porsi besar. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil sehari, terutama di malam hari untuk mencegah gejala mulas di malam hari.
6. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur, yang dapat meredakan kerongkongan dan menurunkan asam dalam lambung.
7. Usahakan untuk tidak terburu-buru saat makan

Bersantai dan tidak makan dengan cepat dapat mencegah perut menghasilkan lebih banyak asam.
8. Jangan berbaring atau berdiri saat makan

Duduk di kursi yang nyaman akan membuat perut bekerja lebih mudah dan menghindari tekanan saat menelan.
9. Tetap tegak setelah makan

Risiko asam lambung naik ke kerongkongan akan berkurang secara efektif. Hindari menekuk atau mengangkat benda berat ketika perut sedang bekerja untuk mencerna makanan.
10. Jangan berolahraga setelah makan

Tunggu setidaknya satu jam sebelum memulai kegiatan olahraga. Sebab, perut Anda akan berada di bawah tekanan tinggi dan akan membuat perut Anda bekerja tidak efektif serta meningkatkan risiko mulas.
11. Berhenti merokok

Merokok adalah faktor risiko tinggi untuk mulas. Merokok tidak hanya mengiritasi saluran pencernaan, tetapi merokok juga dapat merilekskan otot-otot kerongkongan yang membuat asam lambung terganggu.
12. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda gunakan

Penting untuk memberi tahu dokter jenis obat apa yang menyebabkan atau dapat membuat mulas menjadi lebih buruk, termasuk NSAID, beberapa obat osteoporosis, beberapa obat tekanan jantung dan darah, beberapa obat hormon, beberapa obat asma dan beberapa obat depresi.

Maag dapat mengganggu jika terjadi terlalu sering. Terkadang yang diperlukan untuk mencegah kambuhnya ulkus adalah membuat beberapa perubahan dalam gaya hidup Anda.

Baca juga :